Minggu, 20 Desember 2015

Paraphrase Bro!! Copas Mah Kuno!!

Halo readers?!

      Kali ini saya akan membahas mengenai paraphrase. Entah mengapa menurut saya topik mengenai paraphrase ini begitu menarik untuk saya. Mengingat dikelas pagi hari ini salah satu dosen marah besar dengan beberapa teman saya karena ketahuan melakukan plagiarism. 

Okay, mari kita mulai 
Ngomong-ngomong, paraphrase itu apaan sih?


      Pada dasarnya paraphrase merujuk pada penggunaan ide ataupun materi yang diambil dari sumber lain, kemudian diungkapkan kembali menggunakan kata-kata atau kalimat kita sendiri. 
       

klik ~ Pentingnya Belajar Pronunciation

     Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita harus membaca dulu materi yang akan kita paraphrase. Kemudian pahami ide-ide yang ada (dalam tahapan ini kita bisa melakukan take notes / mencatat poin-poin penting). Jika masih belum paham atau belum mendapat poin-poin pentingnya, baca lagi dengan cermat dan teliti. Setelah itu ungkapkan kembali poin-poin yang didapat dengan kata-kata atau kalimat yang kita buat sendiri. Langkah terakhir adalah mengecek kembali apakah hasil paraphrase kita sudah mencakup semua poin yang kita dapatkan. Jika belum perbaiki atau mengedit kembali hasil paraphrase yang kita buat.



     'Paraphrase' juga dapat diterapkan ketika kita menulis / membuat sebuah paper ataupun menulis skripsi karena akan membantu kita untuk terhindar dari tuduhan plagiarism. Selain itu melakukan paraphrase juga bisa digunakan untuk mengecek sejauh mana kita paham akan suatu materi.

      Nah, demikianlah sedikit hal yang bisa saya tuliskan mengenai paraphrase. Semoga bermanfaat :-) 



=================================================================
=================================================================

BACA JUGA :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments