Minggu, 13 Desember 2015

Pentingnya Mempelajari English Pronunciation

   Pronunciation (dalam bahasa indonesia berarti pengucapan) merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan ketika kita berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Okelah, mungkin kita bagus dalam hal menulis, membaca dan mendengarkan. Tetapi tanpa pronunciation yang baik ketika speaking (berbicara) semuanya akan jadi percuma, karena ketika kita kemungkinan besar pesan atau informasi yang kita sampaikan pada pendengar tidak dapat dipahami dengan baik, bahkan bisa saja terjadi salah paham. 




                                                                          Source: thinglink


   Hampir semua teman-teman saya mengeluhkan bahwa mempelajari pronunciation dalam bahasa inggris sangatlah sulit. Salah satu alasannya adalah Bahasa Inggris begitu berbeda dengan Bahasa Indonesia dimana kita dapat mengucapkan semua kata sesuai tulisannya sedangkan Bahsa Inggris tidak.

     Selain itu banyak juga orang yang berusaha meniru accent dari native speaker (penutur asli) dan alhasil justru terdengar kaku bahkan aneh. Sebenarnya sama sekali tak masalah jika cara kita berbicara dalam Bahasa Inggris tidak seperti native speaker (penutur asli), karena memang pada dasarnya Bahasa Inggris adalah bahasa asing. Menurut saya Bahasa Inggris kita masih tetap bisa dimengerti dan dapat tersampaikan dengan baik selama pronunciation kita benar. Namun jika kita ingin memiliki accent yang mendekati native speaker, prosesnya tidaklah instan. Kita harus berlatih secara reguler dengan keras dan sabar. So, tunggu apa lagi? Yakin masih males belajar pronunciation yang benar?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments